Edukasi Pentingnya Pemenuhan Gizi bagi Remaja untuk Pencegahan Anemia di SMP Negeri 13 Surakarta
DOI:
https://doi.org/10.53770/amjpm.v4i1.275Keywords:
Anemia, Edukasi, Gizi, RemajaAbstract
Remaja merupakan salah satu fase kehidupan penting yang harus diperhatikan. Pertumbuhan dan perkembangan pada fase ini berlangsung sangat cepat. Oleh karena itu, untuk mengoptimalkan fase pertumbuhan dan perkembangan dibutuhkan pemenuhan gizi yang optimal. Sayangnya, masih banyak ditemukan remaja yang kebutuhan gizinya belum optimal. Salah satu penyebabnya yaitu masih terbatasnya pengetahuan remaja akan pentingnya pemenuhan gizi optimal. Dampak yang dapat terjadi jika kondisi seperti ini terjadi yaitu adanya anemia. Anemia pada remaja dapat menyebabkan berbagai risiko masalah kesehatan seperti, penurunan imunitas, konsentrasi, prestasi belajar, kebugaran remaja dan produktifitas. Tujuan kegiatan ini yaitu untuk meningkatkan pengetahuan remaja terkait pentingnya pemenuhan gizi utamanya dalam mencegah anemia. Metode kegiatan ini menggunakan ceramah dengan penilaian pretest dan posttest untuk mengetahui perubahan pengetahuan pada peserta. Peserta kegiatan ini yaitu siswa siswi kelas 8 SMP N 13 Surakarta dengan jumlah peserta sebanyak 53 orang. Hasil kegiatan ini didapatkan terjadi peningkatan rerata skor pengetahuan peserta, dimana rerata nilai pretest 73 sedangkan nilai rerata posttest menjadi 87. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa edukasi kesehatan melalui metode ceramah mampu meningkatkan pemahaman melalui siswa tentang pentingnya pemenuhan gizi yang cukup dalam mencegah anemia. Harapan dari kegiatan ini yaitu adanya bimbingan dan pemantauan berkala dari sekolah pada perilaku pemenuhan gizi dan konsumsi tablet tambah darah sebagai upaya mencegah anemia.
References
Aedh, A., Elfaki, N., & Sounni, E. (2019). Iron Deficiency Anemia and Associated Risk Factors among Teenagers in Najran, Saudi Arabia. International Journal of Medical Research & Health Sciences, 8(5), 108–114.
Andriastuti, M., Ilmana, G., Nawangwulan, S. A., & Kosasih, K. A. (2020). Prevalence of anemia and iron profile among children and adolescent with low socio-economic status. International Journal of Pediatrics and Adolescent Medicine, 7(2), 88–92. https://doi.org/10.1016/j.ijpam.2019.11.001
Kalsum, U., & Badar, B. (2021). The Risk Factors Determining Anemia and Its Effect among Senior High School Students in Samarinda, Indonesia. Health Notions, 5(6), 189-194. https://doi.org/10.33846/hn50602
Kemenkes RI. (2021). Pedoman Penatalaksanaan Pemberian Tablet Tambah Darah (1st ed.). Jakarta: Kemenkes RI.
Kemenkes RI. (2023). Survei Kesehatan Indonesia Tahun 2023. Jakarta: Kemenkes RI.
Megasari, A. L., & Putri, N. R. (2022). Gerakan Mahasiswa Dalam Upaya Membantu Percepatan Program Vaksinasi Covid-19. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(1), 302. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i1.6349
Ocktariyana, O., Flora, R., Yuliastuti, M. E., Zulkarnain, Z., & Lasepha, A. (2024). Risk Factors for Iron Deficiency Anemia Among Adolescents in Developing Countries: Study Literature Review. Indonesian Journal of Global Health Research, 6(3), 1343–1354. https://doi.org/10.37287/ijghr.v6i3.3163
Pratiwi, T. M., & Putri, N. R. (2023). Edukasi Pencegahan Anemia Sebagai Upaya Penurunan Angka Anemia Pada Wanita Usia Subur Usia 15-24 Tahun. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(2), 1857. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i2.12915
Riesmiyatiningdyah, R., Putra, K. W. R., & Sulistyowati, A. (2021). The Effect of Health Education on Adolescent Knowledge About Anemia. Nurse and Health: Jurnal Keperawatan, 10(1), 59–64. https://doi.org/10.36720/nhjk.v10i1.273
Shaban, L., Al-Taiar, A., Rahman, A., Al-Sabah, R., & Mojiminiyi, O. (2020). Anemia and its associated factors among adolescents in Kuwait. Scientific reports, 10(1), 5857. https://doi.org/10.1038/s41598-020-60816-7
WHO. (2023). Anaemia. WHO. Retrieved from https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/anaemia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ahmar Metakarya: Jurnal Pengabdian Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.