Edukasi Pencegahan Bullying Pada Anak Usia Dini Di TK Islam Mujahidin Surakarta

Authors

  • Desie Dina Fitria Universitas Sahid Surakarta, Kota Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia
  • Sri Ernawati Universitas Sahid Surakarta, Kota Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.53770/amjpm.v5i1.535

Keywords:

Anak Usia Dini, Bullying, Edukasi

Abstract

Usia dini merupakan periode krusial yang sangat memengaruhi perkembangan anak selanjutnya. Pada tahap ini, perilaku bullying bisa terjadi dan sering kurang mendapat perhatian serius dari orang tua karena dianggap anak belum memahami benar dan salah. Padahal, dampaknya bisa sangat serius, seperti depresi, rendahnya kepercayaan diri, hingga munculnya keinginan untuk mengakhiri hidup jika bullying terus berlangsung. Tujuan dilakukan pengabdian ini adalah memberikan pemahaman kepada orang tua tentang perilaku bullying di usia dini dan dampaknya. Metode pengabdian ini dilakukan dengan metode ceramah atau penyuluhan pada orang tua wali murid siswa. Edukasi pencegahan bullying pada anak usia dini di TK Islam Mujahidin Surakarta terbukti memberikan dampak positif, khususnya dalam meningkatkan pengetahuan dan kesadaran orang tua mengenai bahaya dan dampak bullying. Penyuluhan ini membantu orang tua memahami pentingnya peran keluarga dan sekolah dalam mencegah perilaku bullying sejak dini, sehingga anak dapat tumbuh dalam lingkungan yang aman, suportif, dan penuh empati. Bullying pada anak usia dini berpotensi mengganggu perkembangan sosial, emosional, dan akademik anak, bahkan dapat menimbulkan dampak psikologis jangka panjang. Oleh karena itu, keterlibatan aktif orang tua dalam mendampingi, mengawasi, dan menanamkan nilai-nilai kebaikan pada anak menjadi kunci utama dalam upaya pencegahan bullying.

References

Abdillah, F. (2024). Dampak Bullying di Sekolah Dasar dan Pencegahannya. EDUCARE: Jurnal Pendidikan Dan Kesehatan, 2(1), 102-108. https://doi.org/10.70437/jedu.v2i1.19

Armitage, R. (2021). Bullying in children: impact on child health. BMJ paediatrics open, 5(1), e000939. https://doi.org/10.1136/bmjpo-2020-000939

Ayu, P. E. S. (2020). The roles of parent and teacher on children attitude development to avoid Bullying behavior in early childhood. Yavana Bhasha: Journal of English Language Education, 1(1), 21-30. doi: https://doi.org/10.25078/yb.v1i1.1374

Choiriyah, S., Masruroh, S., Imamah, N., Laili, A., & Kunaifi, H. (2024). Peran Guru dalam Pencegahan Bullying di Sekolah. Journal Educatione : Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2), 113. Retrieved from: https://journal.univgresik.ac.id./index.php/je/article/view/149

Fuadia, N. N. (2022). Perkembangan Sosial Emosi Pada Anak Usia Dini. Wawasan: Jurnal Kediklatan Balai Diklat Keagamaan Jakarta, 3(1), 31-47. https://doi.org/10.53800/wawasan.v3i1.131

Harmiasih, S., Kumari, R., & Watini, S. (2023). Dampak Bullying terhadap Sosial Emosional Anak. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(11), 8703-8708. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.3142

Karina, K., Hastuti, D., & Alfiasari, A. (2013). Perilaku bullying dan karakter remaja serta kaitannya dengan karakteristik keluarga dan peer group. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen, 6(1), 20-29. https://doi.org/10.24156/jikk.2013.6.1.20

Khaulani, F., Neviyarni, S., & Irdamurni, I. (2020). Fase dan tugas perkembangan anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 51-59. http://dx.doi.org/10.30659/pendas.7.1.51-59

Mahmud, B. (2018). Urgensi stimulasi kemampuan motorik kasar pada anak usia dini. DIDAKTIKA: Jurnal Kependidikan, 12(1), 76-87.

Mitchell, B. L. (2018). The state of bullying in schools. In Gordon, J. U. M. (Ed.), Bullying Prevention and Intervention at School. Springer

Nasution, F. S. (2017). Perilaku Bullying dan Sosial Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Tahun 2017, 1, 550- 554. Retrieved from: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27765/

Nasution, F., S., Yus, A., & Simaremare, A. (2018). Analyze the Characteristic and Factors Cause of Bullying Behaviours in Early Childhood. Proceedings of The 3rd Annual International Seminar on Transformative Education and Educational Leadership (AISTEEL), 12-17. Retrieved from: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35371/

Olweus, D. (1997). Bully/victim problems in school: Facts and intervention. European journal of psychology of education, 12(4), 495-510.

Rachmawati, D. (2024). Bullying dan dampak jangka panjang koneksi dengan kekerasan dan kriminalitas. JOIES (Journal of Islamic Education Studies), 9(1), 83-104. https://doi.org/10.15642/joies.2024.9.1.83-104

Rahayu, B. A., & Permana, I. (2019). Bullying di sekolah: Kurangnya empati pelaku bullying dan pencegahan. Jurnal keperawatan jiwa, 7(3), 237-246. Retrieved from: https://core.ac.uk/download/pdf/270176623.pdf

Sukatin, S., Chofifah, N., Turiyana, T., Paradise, M. R., Azkia, M., & Ummah, S. N. (2020). Analisis perkembangan emosi anak usia dini. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(2), 77-90.

Tirmidziani, A., Farida, N. S., Lestari, R. F., Trianita, R., Khoerunnisa, S., & Khomaeny, E. F. F. (2018). Upaya Menghindari Bullying pada Anak Usia Dini Melalui Parenting. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 2(1), 59-65. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v2i1.239.

Wahyuni, V., & Pransiska, R. (2019). Perilaku Bullying pada Anak Usia 5-6 Tahun Studi Kasus di Taman Kanak-Kanak. Journal of Family, Adult, and Early Childhood Education, 1 (2), 159-165. https://doi.org/10.5281/zenodo.2650150

Wahyuningsih, S. (2021). Stop Perundungan/Bullying Yuk. Jakarta: Direktorat Sekolah Dasar, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Yani, A. (2019). Kesulitan membaca permulaan pada anak usia dini dalam perspektif analisis reading readiness. Mimbar Pendidikan: Jurnal Indonesia untuk Kajian Pendidikan, 4(2), 113-126. Retrieved from: https://repository.syekhnurjati.ac.id/4515/

Zuhriyah, A., Damayanti, D., Safitri, W. E., & Darsono, D. (2025). Dampak Jangka Panjang Bullying di Masa Sekolah Dasar terhadap Kesehatan Mental Anak. Jurnal Bimbingan dan Konseling Pandohop, 5(2), 30-36. https://doi.org/10.37304/pandohop.v5i2.15767

Downloads

Published

2025-08-20

How to Cite

Fitria, D. D., & Ernawati, S. (2025). Edukasi Pencegahan Bullying Pada Anak Usia Dini Di TK Islam Mujahidin Surakarta. Ahmar Metakarya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 16–22. https://doi.org/10.53770/amjpm.v5i1.535