Pemberian Ice Breaking Untuk Melatih Konsentrasi Pada Anak Usia Dini Di Tk Islam Mujahidin Surakarta
DOI:
https://doi.org/10.53770/amjpm.v5i1.534Keywords:
Ice Breaking, Konsentrasi, Anak Usia DiniAbstract
Konsentrasi merupakan salah satu aspek penting dalam proses pembelajaran anak usia dini, namun pada praktiknya masih banyak anak yang mengalami kesulitan untuk fokus selama kegiatan belajar berlangsung. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan ice breaking sebagai strategi pembelajaran yang menyenangkan. Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini yaitu untuk meningkatkan konsentrasi anak usia dini melalui berbagai aktivitas ice breaking. Metode yang digunakan yaitu dengan tahapan observasi lapangan, perizinan, perencanaan, pelaksanaan ice breaking, serta pengamatan dan evaluasi. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pemberian ice breaking secara terencana mampu meningkatkan konsentrasi, antusiasme, dan keterlibatan aktif anak dalam pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa penerapan ice breaking terbukti efektif meningkatkan konsentrasi dan ;artisipasi aktif anak usia dini. Disarankan kepada pengabdian masyarakat selanjutnya, agar pengembangan metode ice breaking dilakukan dengan variasi yang lebih inovatif, serta melibatkan pelatihan bagi guru agar implementasi dapat berkelanjutan dan sesuai dengan kebutuhan masing-masing sekolah.
References
Afifah, A., Rastiya, A., Nafi'ah, N. A., Sabaniah, S., & Wardhana, K. E. (2023). Meningkatkan Konsentrasi Belajar Melalui Kegiatan Ice Breaking Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Nurul Iman Samarinda. BOCAH: Borneo Early Childhood Education and Humanity Journal, 2(2), 71-81. https://doi.org/10.21093/bocah.v2i2.7550
Ariyanti, T. (2016). Pentingnya pendidikan anak usia dini bagi tumbuh kembang anak the importance of childhood education for child development. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1). Retrieved from: https://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/Dinamika/article/view/943
Bakhtiar, M. I. (2015). Pengembangan video ice breaking sebagai media bimbingan konseling dalam meningkatkan keterampilan sosial. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Konseling, 1(2), 150-162.
Deswanti, I. A. P., Santosa, A. B., & William, N. (2020). Pengaruh ice breaking terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar pada pembelajaran tematik. TANGGAP: Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 1(1), 20-28. Retrieved from: https://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/tanggap/article/view/39
Fajarudin, A. A., Samsudi, A., & Mas' adah, N. M. L. (2021). Teknik ice breaking sebagai penunjang semangat dan konsentrasi siswa kelas 1 MI Nurul Islam Jatirejo. Idarotuna: Journal of Administrative Science, 2(2), 147-176. https://doi.org/10.54471/idarotuna.v2i2.21
Fanani, A. (2010). Ice breaking dalam proses belajar mengajar: Learning, routinity, boring, ice breaking. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Unipa Surabaya, 6(11), 25-28. Retrieved from: https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/jurnal_buana_pendidikan/article/view/1080
Komari, K., & Aslan, A. (2025). Menggali potensi optimal anak usia dini: Tinjauan literatur. Jurnal Ilmiah Edukatif, 11(1), 68-78.
Kusumawardhani, S. T.E., & Mulyadi, D. (2018). Persepsi Siswa Terhadap Penerapan Ice Breaking Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Di Sma Negeri 9 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Unimus, 1, 479–485. Retrieved from: https://prosiding.unimus.ac.id/index.php/mahasiswa/article/view/189
Masitoh, O. S., & Djoehaeni, H. (2005). Pendekatan belajar aktif di taman kanak-kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Nabilah, Y., & Sukartono, S. (2022). Upaya Guru dalam Melatih Konsentrasi Pembelajaran Tematik melalui Ice Breaking Menyanyi Sesuai Materi di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6398-6404. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3270
Ningrum, N. P. W., Pane, F. M. J., & Yani, S. I. (2022). Pendidikan anak usia dini: perannya dalam membangun karakter dan tumbuh kembang anak usia dini. Tematik: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 1(1), 59-63.
Puspita, Y. (2023). Implementasi ice breaking untuk menciptakan kesiapan belajar dan pembelajaran yang menyenangkan pada anak usia dini. Journal on Education, 5(4), 11846-11854.
Rista, K., & Andayani, A. (2018). Pembelajaran Budaya Dengan Basis Ice Breaking Dan Fun Game. Jurnal Abdikarya : Jurnal Karya Pengabdian Dosen Dan Mahasiswa, 1(1), 34–36.
Samino, S. M. (2012). Layanan Bimbingan Belajar Pedoman Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Fairuz Media. Sukoharjo.
Saputra, A. (2018). Pendidikan anak pada usia dini. At-Ta'dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 192-209. Retrieved from: https://www.ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/tadib/article/view/176
Selvia, M. (2022). Pengaruh Ice Breaking Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tema 8 Sub Tema 2 Kelas Ii Sekolah Dasar. Jurnal Ika Pgsd (Ikatan Alumni PGSD) Unars, 10(2), 122-132. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v10i2.1119
Sucahyo, E., & Ningtyas, R. K. (2023). Implementasi Ice Breaking Untuk Meningkatkan Konsentrasi Dan Minat Belajar Siswa. Jurnal Adam: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 374-379. https://doi.org/10.37081/adam.v2i2.1607
Suryoharjo, K. (2012). 100+ Ice Breaker PenyemangatBelajar: Kiat Praktis Menghadirkan Suasana Belajar Segar dan Heboh. Yogyakarta. Penerbit Ilman Nafia.
Widhiastuti, H., Winta, M. V. I., & Pratiwi, M. S. (2025). Pentingnya Stimulasi Sejak Usia Dini, Optimalkan Tumbuh Kembang Anak. TEMATIK, 5(2), 107-117. https://doi.org/10.26623/tematik.v5i2.12651
Zakiyyah, D., Suswandari, M., & Khayati, N. (2022). Penerapan Ice Breaking Pada Proses Belajar Guna Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Sugihan 03. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 2(1), 73-85. https://doi.org/10.46229/elia.v2i1.333
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ahmar Metakarya: Jurnal Pengabdian Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.