Jaga Diri, Jaga Privasi: Interaktif Edukatif Pencegahan Pelecehan Seksual pada Anak Usia Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.53770/amjpm.v4i2.438Keywords:
Edukasi Interaktif, Pelecehan Seksual, Pencegahan, Privasi Tubuh, Anak Usia SekolahAbstract
Secara global, sekitar 1 dari 5 perempuan yang hidup saat ini dan sekitar 1 dari 7 anak laki-laki dan pria dewasa mengalami bentuk kekerasan seksual di usia anak-anak. Pelecehan seksual terutama di kalangan anak usia sekolah menjadi permasalahan yang mendesak dan membutuhkan strategi pencegahan yang efektif.. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman anak tentang privasi tubuh dan keterampilan perlindungan diri melalui program edukasi interaktif yang mengintegrasikan media audio-visual, diskusi kelompok, dan simulasi peran. Metode yang digunakan meliputi pendidikan berkelanjutan, aktivitas interaktif, dan pelatihan langsung dengan partisipasi orang tua dan guru. Evaluasi dilakukan melalui pre-test dan post-test dengan pendekatan kualitatif berbasis tanya jawab dan diskusi untuk mengukur pemahaman peserta. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman siswa mengenai konsep privasi tubuh dan langkah pencegahan pelecehan seksual dimana siswa-siswi menunjukkan kemampuan menjawab benar pertanyaan tentang mengenali situasi berisiko, memahami batasan tubuh, dan merespons situasi dengan langkah perlindungan diri yang tepat. Respon positif juga terlihat dari partisipasi aktif dan kepercayaan diri peserta untuk menerapkan materi dalam kehidupan nyata. Hambatan seperti keterbatasan waktu dan keaktifan siswa di awal sesi dapat diatasi dengan perencanaan strategi jangka panjang seperti pelatihan intensif bagi guru dan pengembangan modul daring serta peran aktif fasilitator dalam mendampingi siswa. Program ini tidak hanya berkontribusi pada pengetahuan yang ada terkait edukasi seksual berbasis interaktif tetapi juga menjadi model potensial untuk diterapkan di berbagai institusi pendidikan. Dengan pendekatan yang berkelanjutan dan dukungan komunitas, program ini dapat menjadi solusi efektif untuk mencegah pelecehan seksual pada anak.
References
Aswadi, A., Suriah, S., Stang, S., Jafar, N., Ibrahim, E., Amiruddin, R., & Syahrir, S. (2022). Edutainment as A Strategy of Child Sexual Abuse Prevention: Literatur Review. Open Access Macedonian Journal of Medical Sciences, 10(F), 141–145. https://doi.org/10.3889/OAMJMS.2022.7670
Awaru, A. O. T., Syukur, M., Manda, D., Torro, S., & Rahman, A. (2022). Sosialisasi Penerapan Pendidikan Seksual Pada Guru Taman Kanak-Kanak sebagai Upaya Pencegahan Kekerasan Seksual Pada Anak Usia Dini di Kecamatan Sinjai Timur Kabupaten Sinjai. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(4), 445–450. https://doi.org/10.52436/1.JPMI.690
Aziz, M. S. A. El, Ismail, S. S., & Ahmed, H. M. (2017). Sexual Abuse Prevention Program for School Age Children. American Journal of Nursing Science, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.11648/J.AJNS.20170601.11
Bunga, G. A., & Putri, A. (2022). Sex Education in Elementary School to Prevent Sexual Abuse of Children. PROGRES PENDIDIKAN, 3(1), 7–11. https://doi.org/10.29303/PROSPEK.V3I1.220
Crowley, B. Z., & Cornell, D. (2020). Associations of bullying and sexual harassment with student well-being indicators. Psychology of Violence, 10(6), 615–625. https://doi.org/10.1037/VIO0000345
De La Rue, L., Polanin, J. R., Espelage, D. L., & Pigott, T. D. (2017). A meta-analysis of school-based interventions aimed to prevent or reduce violence in teen dating relationships. Review of educational research, 87(1), 7-34. https://doi.org/10.3102/0034654316632061
Fallo, M. R., Sumarni, C., & Fallo, M. R. (2022). Kajian Faktor Risiko Pelecehan Seksual Anak di Indonesia Tahun 2020. Seminar Nasional Official Statistics, 2022(1), 165–174. https://doi.org/10.34123/SEMNASOFFSTAT.V2022I1.1247
Grant, B. J., Haverland, J., & Kalbfleisch, J. (2024). Title IX Policy Implementation and Sexual Harassment Prevalence in K-12 Schools. Educational Policy, 38(2), 510-547. https://doi.org/10.1177/08959048231163809
Gruber, J., & Fineran, S. (2016). Sexual harassment, bullying, and school outcomes for high school girls and boys. Violence against women, 22(1), 112-133. https://doi.org/10.1177/1077801215599079
Hajri, W. S., Saida, & Afrini, I. M. (2022). Edukasi Aktivitas dan Latihan Fisik dalam Mendukung Kesehatan Lanjut Usia di Yayasan Al Aziz Kendari. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 1694–1700. https://doi.org/10.20527/BTJPM.V4I4.6763
Hardt, S., Stöckl, H., Wamoyi, J., & Ranganathan, M. (2023). Sexual Harassment in Low- and Middle-Income Countries: A Qualitative Systematic Review. Trauma, Violence, and Abuse, 24(5), 3346–3362. https://doi.org/10.1177/15248380221127255
Kaltiala-Heino, R., Fröjd, S., & Marttunen, M. (2016). Sexual harassment victimization in adolescence: Associations with family background. Child Abuse & Neglect, 56, 11–19. https://doi.org/10.1016/J.CHIABU.2016.04.005
Kim, S. J., & Kang, K. A. (2017). Effects of the child sexual abuse prevention education (C-SAPE) program on south korean fifth-grade students’ competence in terms of knowledge and self-protective behaviors. The Journal of School Nursing, 33(2), 123-132.https://doi.org/10.1177/1059840516664182
Kurniawati, L. (2023). Implementasi Pendidikan Seksual Pada Anak Bawah Umur Di Era Milenial. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 7(1), 732–736. https://doi.org/10.58258/JISIP.V7I1.4712
Mallow, M.S. (2022). Sexual Harassment In Education: Identifying The Issue And Finding The Possible Solution. Proceedings of INTCESS 2022- 9th International Conference on Education & Education of Social Sciences, 338-346. https://doi.org/10.51508/intcess.202248
Mohamed, N. H. F., & Hussein, H. M. M. (2017). Preventive Program for Secondary School Female Students to Protect Themselves from Sexual Harassment. Egyptian Journal of Health Care, 8(1), 137–162. https://doi.org/10.21608/EJHC.2017.17962
Rasberry, C. N., Tiu, G. F., Kann, L., McManus, T., Michael, S. L., Merlo, C. L., Lee, S. M., Bohm, M. K., Annor, F., & Ethier, K. A. (2017). Health-Related Behaviors and Academic Achievement Among High School Students — United States, 2015. MMWR. Morbidity and Mortality Weekly Report, 66(35), 921–927. https://doi.org/10.15585/MMWR.MM6635A1
Reed, E., Salazar, M., Behar, A. I., Agah, N., Silverman, J. G., Minnis, A. M., Rusch, M. L. A., & Raj, A. (2019). Cyber Sexual Harassment: Prevalence and association with substance use, poor mental health, and STI history among sexually active adolescent girls. Journal of Adolescence, 75(1), 53–62. https://doi.org/10.1016/J.ADOLESCENCE.2019.07.005
Riskika, S., Agustin, L., & Primasari, N. A. (2021). Primary Sexual Abuse Prevention in School Age Children: A Systematic Review. D’Nursing and Health Journal (DNHJ), 2(1), 1–10. https://doi.org/10.61595/DNURSING.V2I1.165
Rosyadi, S. M., Putri Wijaya, A., Nafis, I., Patricia, I., Widiyanti, R. P., Ardiansyah, F., Fauziah, M., & Widiyanti, P. (2024). Pentingnya Penerapan Sex Education dalam Upaya Pencegahan Pelecehan Seksual Terhadap Anak Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(1), 747–761. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V8I1.7171
Sakellari, E., Berglund, M., Santala, E., Bacatum, C. M. J., Sousa, J. E. X. F., Aarnio, H., Kubiliutė, L., Prapas, C., & Lagiou, A. (2022). The Perceptions of Sexual Harassment among Adolescents of Four European Countries. Children 2022, 9(10), 1551. https://doi.org/10.3390/CHILDREN9101551
Salvador, S. (2022). Women executives and their struggle with sexual harassment: A multiple case study. International Journal of Youth-Led Research, 1(1). https://doi.org/10.56299/GET116
SIMFONI-PPA. (2024). Peta Sebaran Jumlah Kasus Kekerasan Menurut Provinsi. SIMFONI-PPA. Retrieved from: https://kekerasan.kemenpppa.go.id/ringkasan
Skoog, T., & Kapetanovic, S. (2023). The intertwined evolution of sexual harassment victimization and emotional problems among young people. Journal of Social Issues, 79(4), 1193–1209. https://doi.org/10.1111/JOSI.12514
Slaatten, H., Haugland, B. S. M., Bjørknes, R., Fyhn, T., Tveito, T. H., Poteat, V. P., & Breivik, K. (2023). Stop Sexual Harassment: A study protocol for a cluster randomised controlled trial in secondary schools in Norway. Frontiers in Public Health, 10, 1051983. https://doi.org/10.3389/FPUBH.2022.1051983/BIBTEX
Walsh, K., Zwi, K., Woolfenden, S., & Shlonsky, A. (2018). School-based education programs for the prevention of child sexual abuse: A Cochrane systematic review and meta-analysis. Research on social work practice, 28(1), 33-55. https://doi.org/10.1177/1049731515619705
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ahmar Metakarya: Jurnal Pengabdian Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.