Pelatihan Kader Posyandu Untuk Pemantauan Tumbuh Kembang Bayi dan Balita Di Kota Manado
DOI:
https://doi.org/10.53770/amjpm.v4i2.363Keywords:
Pelatihan, Tumbuh Kembang, Kader Posyandu, Bayi, BalitaAbstract
Pemantauan tumbuh kembang dilaksanakan melalui stimulasi, deteksi dan intervensi dini tumbuh kembang bayi dan balita yang menyeluruh dan terkoordinasi diselenggarakan dalam bentuk kemitraan antara keluarga, kader posyandu, pendidikan dan tenaga kesehatan sehingga perlu untuk melakukan pelatihan kepada kader posyandu sebagai penghubung antara keluarga dengan tenaga kesehatan. Kegiatan program kemitraan masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan kader posyandu melalui pelatihan pemantauan tumbuh kembang bayi dan balita kepada kader posyandu. PKM ini dilaksanakan dengan memberikan pelatihan kepada 40 kader posyandu dengan pemaparan materi dan pemutaran video pada bulan Mei 2024 di Puskesmas Ranomuut dan simulasi serta pendampingan pada Kader Posyandu pada bulan Juni 2024 di Puskesmas Tuminting. Hasil pretest menunjukkan peserta yang menjawab benar sebanyak 24% sedangkan setelah dilakukan Posttest meningkat menjadi 94%. Kesimpulannya pelatihan pemantauan tumbuh kembang bayi dan balita kepada kader posyandu dapat meningkatkan pengetahuan kader posyandu. Disarankan pelatihan pemantauan tumbuh kembang berikutnya sebaiknya dilakukan pada guru-guru Pendidikan Anak Usia Dini.
References
Akbar, R. R., Kartika, W., & Khairunnisa, M. (2023). The Effect of Stunting on Child Growth and Development. Scientific Journal, 2(4), 153-160.
Alam, M. A., Richard, S. A., Fahim, S. M., Mahfuz, M., Nahar, B., Das, S., Shrestha, B., Koshy, B., Mduma, E., Seidman, J. C., Murray-Kolb, L. E., Caulfield, L. E., & Ahmed, T. (2020). Impact of early-onset persistent stunting on cognitive development at 5 years of age: Results from a multi-country cohort study. PLoS ONE, 15(1). https://doi.org/10.1371/journal.pone.0227839
Al Faiqah, Z. S. S. (2022). Peran Kader Posyandu Dalam Pemantauan Status Gizi Balita: Literature Review. Journal of Health, Education and Literacy (J-Health), 5(1), 19–25. https://doi.org/10.31605/j
Asikin, Z. F., Naue, A. K., & Masani, N. (2020). Hubungan Peran Kader Kesehatan dengan Status gizi Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Tilango. Madu Jurnal Kesehatan , 8(1), 23–31. http://journal.umgo.ac.id/index.php/madu
Badan Pusat Statistik. (2024). Statistik Indonesia 2023, Statistical Yearbook of Indonesia 2023. Badan Pusat Statistik. . Retrieved from: https://www.bps.go.id/id/publication/2023/02/28/18018f9896f09f03580a614b/statistik-indonesia-2023.html
Cahyawati, P. N., Naya, A., & Permatananda, K. (2022). Pendampingan Kader Posyandu Desa Kerta dalam Penerapan Gizi Seimbang dan Pemantauan Tumbuh Kembang Anak. Warmadewa Minesterium Medical Journal, 1(3), 56-61. Retrieved from: https://www.ejournal.warmadewa.ac.id/index.php/wmmj/article/view/5648/3895
Fitri, S., Pratiwi, S., & Yuniarti, E. (2021). Pendidikan Kesehatan dan Skrining Tumbuh Kembang Balita. Media Karya Kesehatan , 4(2). https://jurnal.unpad.ac.id/mkk/article/view/28287
Gannika, L. (2023). Hubungan Status Gizi dengan Tumbuh kembang Pada Anak Usia 1-5 tahun : Literature Review. Jurnal Ners Universitas Pahlawan, 7(1), 668–674. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/ners
Hardiyanti, P. (2017). Peran Kader Terhadap Peningkatan Gizi Balita di Desa Banyraden Sleman, Yogyakarta. Skripsi. Program Studi Sarjana Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2023). Survei Kesehatan Indonesia Tahun 2023. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Retrieved from: https://drive.google.com/file/d/1rjNDG_f8xG6-Y9wmhJUnXhJ-vUFevVJC/view
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2021). Laporan Kinerja Kementerian Kesehatan Tahun 2020. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2022). Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi, dan Intervensi Dini Tumbuh kembang Anak di Tingkat Pelayanan Dasar. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
Khasanah, N. N., Wuriningsih, A. Y., & Sari, D. W. P. (2019). Optimalisasi Pemantauan Tumbuh Kembang Balita Melalui Kelompok Kader Mandiri-kreaTif-dAn-Peduli Stunting (Man-TAPS) di Posyandu Manggis 4 Kelurahan Karangroto. Prosiding Seminar Nasional Unimus, 2, 55-63.
Misirliyan, S. S., Boehning, A. P., & Shah, M. (2023). Development Milestones Continuing Education Activity. StatPearls Publishing. Retrieved from: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK557518/
Noprida, D., Polapa, D., Imroatun, T., Agustia, W., Sutini, T., Purwati, N. H., & Apriliawati, A. (2022). Pengaruh pelatihan kader posyandu terhadap peningkatan pengetahuan tentang skrining pertumbuhan dan perkembangan balita dengan KPSP Wilayah Pasar Rebo. Jurnal Pengabdian Masyarakat Saga Komunitas, 1(02), 62-68.
Nurbaya, N., Haji Saeni, R., & Irwan, Z. (2022). Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan Kader Posyandu Melalui Kegiatan Edukasi dan Simulasi. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(1), 678-686. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i1.6579
Nurhasanah, R., & Astuti, I. (2017). Pelatihan deteksi dini tumbuh kembang anak dengan kuesioner pra skrining perkembangan (KPSP) Desa Sukamukti Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung. In Prosiding Seminar Nasional Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Jenderal Achmad Yani (SNIJA), 32-33.
Nurhayati, S., Anak, D. K., Keperawatan, A., & Rebo, P. (2023). Optimalisasi Peran Kader Posyandu Dalam Pelayanan Stunting. Buletin Kesehatan , 7(1), 80-88.
Nurherliyany, M., Rahayu, Y., & Yogari, A. (2019). The Relationship of Stimulation by People to The Development of Toddlers: Literature Review. JURNAL VNUS (Vocational Nursing Sciences), 1(1), 14-22.
Nurlaili, R. N. (2021). Pengaruh Pelatihan Kuesioner Pra Skrining Perkembangan (Kpsp) Terhadap Tingkat Pengetahuan Dan Keterampilan Kader Posyandu. Jurnal Ilmiah Bidan, 5(3), 1-8.
Riyanto, & Islamiyati, H. (2021). Peningkatan Pengetahuan dan kemampuan Kader Posyandu dalam Stimulasi Intervensi dan Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak di Kelurahan Hadimulyo Barat Kota Metro. Bantenese Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 28–41. Retrieved from: https://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/PS2PM/issue/view/279
Sari, T. P., & Haryanti, R. S. (2018). Analisis Pengaruh Pelatihan Stimulasi, Deteksi Dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang (SDIDTK) Balita Dan Anak Pra Sekolah Berbasis Dinamika Kelompok Terhadap Ketrampilan Kader. The Shine Cahaya Dunia Kebidanan, 3(2), 20-30.
Triyanti, M., Widagdo, L., & Syamsulhuda, B. M. (2017). Peningkatan Pengetahuan dan Ketrampilan Kader Pemantauan Tumbuh Kembang Balita di Posyandu dengan Metode BBM dan Mind Maping (MM). Jurnal Promosi Kesehatan Indonesia, 12(2), 265-277.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ahmar Metakarya: Jurnal Pengabdian Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.