Pemantauan Tumbuh kembang Anak Pra Sekolah Menggunakan KPSP Di Kelompok Bermain dan Day Care Smile Kids Tumaritis

Authors

  • Endah Wijayanti Program Studi Diploma Tiga Kebidanan Balikpapan, Jurusan Kebidanan, Kemenkes Poltekkes Kalimantan Timur, Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia
  • Faridah Hariyani Program Studi Diploma Tiga Kebidanan Balikpapan, Jurusan Kebidanan, Kemenkes Poltekkes Kalimantan Timur, Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia
  • Damai Noviasari Program Studi Diploma Tiga Kebidanan Balikpapan, Jurusan Kebidanan, Kemenkes Poltekkes Kalimantan Timur, Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.53770/amjpm.v4i2.318

Keywords:

Tumbuh Kembang Anak, Orang Tua

Abstract

Proses deteksi dini dan stimulasi tumbuh kembang menjadi hal yang tidak boleh dianggap remeh demi terciptanya generasi penerus yang berkualitas yang mampu tumbuh dan berkembang baik. Mendeteksi pertumbuhan bayi ataupun balita secara cermat dapat menggunakan Kuesioner Pra Skrining Perkembangan (KPSP). Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah memberikan pengetahuan pada ibu/keluarga/pengasuh anak dan guru tentang metode memantau perkembangan anak sehingga ibu/keluarga/pengasuh atau guru dapat melakukan secara mandiri. Kegiatan ini menggunakan KPSP sebagai alat deteksi pertumbuhan anak guna meningkatkan pengetahuan orang tua tentang pertumbuhan anak melalui konseling dan penyuluhan tentang pertumbuhan anak, diskusi tanya jawab serta demonstrasi cara menggunakan KPSP untuk mendorong pertumbuhan anak.  Pelaksanaan dilakukan sebanyak 2 (dua kali). Kunjungan pertama dilakukan pre test untuk mengetahui pengetahuan dan keterampilan orangtua mengenai  pemeriksaan tumbuh kembang anak dengan menggunakan kuesioner pra skrining perkembangan, setelah itu orang tua akan diberikan edukasi dan pelatihan  mengenai pemeriksaan tumbuh kembang anak dengan menggunakan kuesioner pra skrining perkembangan. Kunjungan kedua dilakukan setelah 1 bulan dari kunjungan pertama dilakukan pendampingan kepada orang tua dalam melakukan pemeriksaan tumbuh kembang anak dengan menggunakan kuesioner pra skrining perkembangan serta melakukan post test. Jumlah peserta yang dilakukan pada kegiatan ini sebanyak 40 orang. Hasil pemeriksaan deteksi dini tumbuh kembang dengan instrumen KPSP menunjukkan bahwa sebanyak 100 % anak mengalami perkembangan yang sesuai dengan usianya, sementara 89 % orang tua memperoleh pengetahuan lebih banyak. Pendampingan ini menunjukkan bahwa peserta aktif terlibat dalam diskusi tanya jawab dan demonstrasi stimulasi tumbuh kembang anak.

References

Anggaraeningsih, N. L. M. D. P., & Yuliati, H. (2022). Hubungan status gizi balita dan perkembangan anak balita di kelurahan liliba kecamatan oebobo. Jurnal Health Sains, 3(7), 830-836. https://doi.org/10.46799/jhs.v3i7.545

Ariyana, D, & Rini, N.S. (2009). Hubungan pengetahuan lbu tentang perkembangan anak dengan perkembangan motorik kasar dan motorik halus anak usia 4-5 tahun di tk aisyiyah bustanul athfal 7 semarang. FIKkeS-Jurnal Keperawatan, 2(2), 11-20.

Ariyanti, T. (2016). Pentingnya pendidikan anak usia dini bagi tumbuh kembang anak the importance of childhood education for child development. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 50-58.

Dewinataningtyas, Candra: Diyah, Anggraini; Rahmawati, Ellatyas; Kumalasari, Dian; Soyanita, Elin; Septina, Anna. (2017). Deteksi Tumbuh Kembang dan Edukasi Orang Tua Pada Anak Pra Sekolah Di PAUD Hijau Daun Kota Kediri. Prosiding Seminar Pengabdian Masyarakat – Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri

Dewinataningtyas, C., Diyah, A., Rahmawati, E., Kumalasari, D., Soyanita, E., & Septina, A. (2017). Deteksi Tumbuh Kembang dan Edukasi Orang Tua Pada Anak Pra Sekolah Di PAUD Hijau Daun Kota Kediri. Prosiding (SENIAS) Seminar Pengabdian Masyarakat, 31-34.

Gunarsa, S. D., & Wibowo, S. (2021). Hubungan kualitas tidur dengan kebugaran jasmani siswa. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 9(1), 43-52. Retrieved from: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/37777

Hasanah, N. M. (2019). Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang Stimulasi Bahasa Dengan Perkembangan Bahasa Anak Usia 1-3 Tahun di Desa Lengkong Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember. Skripsi. Digital Repository Universitas Jember Digital Repository Universitas Jember. Retrieved from: https://repository.unej.ac.id/handle/123456789/90756

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2022). Pedoman Pelaksanaan: Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh kembang Anak Di Tingkat Pelayanan Kesehatan Dasar. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Maratalia, D. (2009). Analisis Pelaksanaan Program Stimulasi, Deteksi Dini dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang (SDIDTK) Balita dan Anak Pra Sekolah di Puskesmas Kota Semarang Tahun 2009. Skripsi. Universitas Diponegoro Semarang.

Nix, M. (2013). The Relationship between Parental Stress , Parent- child Interaction Quality , and Child Language Outcomes. Thesis. Georgia State University. Retrieved from: http://scholarworks.gsu.edu/cgi/viewcontent.cgi?article=1292&context=iph_theses

Notoatmojo, S. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Safwat, R. F., & Sheikhany, A. R. (2014). Effect of parent interaction on language development in children. Egyptian Journal of Otolaryngology, 30(3), 255–263. https://doi.org/10.4103/1012-5574.138488

Setyaningsih, P., Khanifah, M., & Chabibah, N. (2017). Layanan Tumbuh Kembang Balita dengan Pendampingan Ibu dan Anak Sehat. Proceeding 6th University Research Colloquium 2017: Seri Pengabdian Kepada Masyarakat, 81-86.

Supariasa, I.D.N. (2012). Pengukuran Status Gizi. Jakarta: EGC.

Syafitri, H.; Amilia, A., & Aritonang, J. (2021). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta. Ahlimedia Press.

Talango, S. R. (2020). Konsep perkembangan anak usia dini. Early Childhood Islamic Education Journal, 1(01), 93-107. Retrieved from: https://ejournal.iaingorontalo.ac.id/index.php/ECIEJ/article/view/27

William, W. (2010). Hubungan pengetahuan orangtua tentang stimulasi bahasa dengan perkembangan anak usia 1-3 tahun. Kabupaten Temanggung.

Yulianti, N., Argianti, P., Herlina, L., & Oktaviani, S. N. I. (2018). Analisis Pantauan Tumbuh Kembang Anak Prasekolah Dengan Kuesioner Pra Skrining Pertumbuhan (KPSP) Di BKB Paud Kelurahan Serdang Kecamatan Kemayoran Jakarta Pusat Periode Oktober 2017. Jurnal Kebidanan, 2(1), 45-52.

Downloads

Published

2025-02-28

How to Cite

Wijayanti, E., Hariyani, F., & Noviasari, D. (2025). Pemantauan Tumbuh kembang Anak Pra Sekolah Menggunakan KPSP Di Kelompok Bermain dan Day Care Smile Kids Tumaritis. Ahmar Metakarya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 233–240. https://doi.org/10.53770/amjpm.v4i2.318