Manajemen Stres pada Siswa SMAN 1 Banjarmasin
DOI:
https://doi.org/10.53770/amjpm.v4i1.349Keywords:
Manajemen, Stres, SiswaAbstract
Stres merupakan reaksi tubuh yang disebabkan oleh pikiran manusia yang muncul ketika individu mengalami tekanan, perubahan secara mendadak dan ancaman yang membuat seseorang merasa tertekan. Penanganan awal dengan benar stres dapat mengurangi resiko depresi. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa dalam menangani kejadian stres dalam dunia sekolah. Kegiatan dilaksanakan pada siswa dan siswi SMAN 1 Banjarmasin. Sebelum penyuluhan dan praktek dilakukan pre-test dan sesudah dilaksanakan dilakukan post-test untuk mengukur pengetahuan dan keterampilan siswa tentang penanganan stres. Edukasi dilakukan melalui ceramah tanya jawab dan demonstrasi. Hasil dari pelaksanaan manajemen stress pada siswa dan siswi SMAN 1 Banjarmasin, sebelum dilakukan edukasi didapatkan kategori baik dalam persentase 22,58% setelah dilakukan edukasi menjadi persentase baiknya sebesar 54,84%. Dapat ditarik kemaknaanya dari pelaksanaan pengabdian masyarakat ini, terjadi peningkatan pengetahuan dan keterampilan siswa dalam melakukan manajemen stres. Pengabdian selanjutnya bisa menambahkan teknis manajemen stress dengan menggunakan metode yang lebih interaktif lagi.
References
Bana, P., Primanata, D., Dewi, H. S. C. P., & Erta, E. (2023). Pelatihan Manajemen Stres Pada Mahasiswa Untuk Meningkatkan Kesehatan Mental Selama Perkuliahan Hybrid. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(2), 351-358.
Hakim, A. L., Fajri, M. B., & Faizah, E. N. (2022). Evaluation of implementation of MBKM: does academic stress affect on student learning outcomes?. International Journal of Educational Research & Social Sciences, 3(1), 1-16.
Kurniawati, W. (2022). Manajemen Stress Era New Normal Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Mubtadiin, 8(1), 57-66.
Mansyur, A. I., Wahyuni, E., & Fitri, S. (2022). Analisis Kebutuhan Aplikasi Untuk Mengelola Stres Akademik Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 6(1), 248-258.
Marfuah, S. (2021). Konseling Kelompok untuk Menurunkan Stres Akademik pada Siswa SMA.
Napitupulu, R. M. (2021). Hubungan Antara Aktifitas Fisik Dan Manajemen Stres Pada Mahasiswa Fisioterapi. Jurnal Fisioterapi Dan Rehabilitasi, 5(1), 76-95.
Nurbaiti, M., Dewi, A. D. C., Surahmat, R., & Putinah, P. (2022). Teknik Relaksasi Nafas Dalam Untuk Menurunkan Tingkat Kecemasan Pada Ibu Hamil. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 5(3), 652-659.
Reid, D. B. (2022). Suppressing and sharing: How school principals manage stress and anxiety during COVID-19. School Leadership & Management, 42(1), 62-78.
Rozi, F., Tohet, M., Aini, Q., & Imamah, N. N. (2022). Anger Management in Improving Teacher Performance in School. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 243-253.
Rustam, H. K., Lidiawati, D., Nurbaya, S., & Mursalin, N. R. (2023). Pelatihan Manajemen Stres dan Coloring Mandala untuk Mengurangi Stres Pada Mahasiswa. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 2399-2403.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ahmar Metakarya: Jurnal Pengabdian Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.