Lama Waktu Tunggu Pelayanan Pasien: Studi Kualitatif di Puskesmas Padang Bulan

Authors

  • Elisabeth Isima Banjarnahor Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat, Universitas Prima Indonesia, Medan, Sumatera Utara, Indonesia
  • Chrismis Novalinda Ginting Departemen Manajemen Pelayanan Kesehatan, Universitas Prima Indonesia, Medan, Sumatera Utara, Indonesia
  • Putranto Manalu Departemen Manajemen Pelayanan Kesehatan, Universitas Prima Indonesia, Medan, Sumatera Utara, Indonesia
  • Ermi Girsang Departemen Manajemen Pelayanan Kesehatan, Universitas Prima Indonesia, Medan, Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.53770/amhj.v3i1.182

Keywords:

Pelayanan Rawat Jalan, Waktu Tunggu, Puskesmas

Abstract

Beberapa penelitian telah mengungkapkan adanya hubungan antara waktu menunggu dan tingkat kepuasan pasien. Hal ini menjadi perhatian serius bagi manajer layanan kesehatan dan pembuat kebijakan karena dapat mempengaruhi efisiensi organisasi. Waktu menunggu dan durasi konsultasi menjadi faktor kunci yang memengaruhi kepuasan pasien dan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis lama waktu tunggu pelayanan pasien. Penelitian dilakukan di Puskesmas Padang Bulan Kota Medan mulai bulan Januari sampai dengan Maret 2023. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan desain studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara pada 5 orang informan (data primer) dengan menggunakan pedoman wawancara mendalam. Peneliti juga melakukan observasi dan studi dokumen untuk memperoleh data-data pendukung. Analisis data terdiri dari tiga kegiatan secara bersamaan, yaitu reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada input terlihat bahwa regulasi seperti SOP pelayanan rawat jalan telah dipahami dan dijalankan dengan baik oleh petugas. Sarana penunjang semua sudah dapat dilengkapi oleh pihak puskesmas. Namun ketersediaan jaringan internet yang memadai masih belum dapat dipenuhi. Selain itu jumlah SDM masih dirasakan kurang memadai. Pada proses terlihat bahwa seluruh alur pelayanan rawat jalan telah dijalankan dengan baik. Penyiapan dokumen rekam medis telah memenuhi standar layanan minimal karena lokasi pendaftaran pasien, pengisian dan poliklinik berdekatan, catatan medis yang tersimpan di rak penyimpanan terorganisir dengan baik, dan sistem pengarsipannya teratur sehingga staf dapat dengan mudah mencari catatan medis. Proses pemeriksaan pasien oleh dokter membutuhkan waktu rata-rata 10-15 menit. Pada output terlihat bahwa lama waktu pelayanan pasien rawat jalan di Puskesmas Padang Bulan berada pada pada kategori sedang (30 – 60 menit).

References

Abdullah, M. H. (2005). Study on Outpatients’ Waiting Time in Hospital Universiti Kebangsaan Malaysia (HUKM) Through the Six Sigma Approach 1. The Journal of the Department of Statistics, 1(1), 39–53.

Aditama, T. Y. (2007). Manajemen Administrasi Rumah Sakit. Jakarta: Universitas Indonesia.

Al-Abri, R., & Al-Balushi, A. (2014). Patient Satisfaction Survey as a Tool Towards Quality Improvement. Oman Medical Journal, 29(1), 3–7. https://doi.org/10.5001/omj.2014.02

Al-Doghaither, A. H., Abdelrhman, B. M., Saeed, A. A., Al-Kamil, A. A., & Majzoub, M. M. (2001). Patients’ satisfaction with primary health care centers services in kuwait city, kuwait. Journal of Family & Community Medicine, 8(3), 59–65. Retrieved from http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/23008652

Al-Nemer, K. A., Al-Homood, I. A., Al-Nemer, A. A., Alshaikh, O. M., Alsaidan, M. A., & Alzahrani, A. T. (2015). A Multicenter Study of Factors Affecting Patient’s Satisfaction Visiting Primary Health Care Clinics in Riyadh, Saudi Arabia. Family Medicine & Medical Science Research, 4(2).

Bombard, Y., Baker, G. R., Orlando, E., Fancott, C., Bhatia, P., Casalino, S., … Pomey, M.-P. (2018). Engaging patients to improve quality of care: a systematic review. Implementation Science, 13(1), 98. https://doi.org/10.1186/s13012-018-0784-z

Bukhari, H., Albazli, K., Almaslmani, S., Attiah, A., Bukhary, E., Najjar, F., … Eldin, A. S. (2014). Analysis of Waiting Time in Emergency Department of Al-Noor Specialist Hospital, Makkah, Saudi Arabia. Open Journal of Emergency Medicine, 02(04), 67–73. https://doi.org/10.4236/ojem.2014.24012

Bustani, N. M., Rattu, A. J., & Saerang, J. S. M. (2015). Analisis Lama Waktu Tunggu Pelayanan Pasien Rawat Jalan Di Balai Kesehatan Mata Masyarakat Propinsi Sulawesi Utara. Jurnal E-Biomedik, 3(3). https://doi.org/10.35790/ebm.3.3.2015.10456

El Kariema, I. H., Siyoto, S., & Wardani, R. (2021). Evaluation and Implementation Registration of Outpatient with Online Systems at Health Services Center. Journal for Quality in Public Health, 4(2), 106–112. https://doi.org/10.30994/jqph.v4i2.198

Febriyanti, D. H., & Kurniadi, A. (2013). Deskripsi Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Waktu Tunggu Pendaftaran di TPPRJ RSUD Tugurejo Semarang Tahun 2003. Universitas Dian Nuswantoro.

Gozali, I. (2013). Persepsi Kualitas dan Citra Pelayanan Puskesmas di Kota Semarang. Media Ekonomi Dan Manajemen, 28(2).

Kementerian Kesehatan. (2008). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 129/Menkes/SK/II/2008 tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit. Jakarta: Kementerian Kesehatan.

Levesque, J.-F., Harris, M. F., & Russell, G. (2013). Patient-centred access to health care: conceptualising access at the interface of health systems and populations. International Journal for Equity in Health, 12(1), 18. https://doi.org/10.1186/1475-9276-12-18

Mahendradhata, Y., Trisnantoro, L., Listyadewi, S., Soewondo, P., Marthias, T., Harimurti, P., & Prawira, J. (2017). The Republic of Indonesia Health System Review. Health Systems in Transition, 7(1).

Mohamed, E. Y., Sami, W., Alotaibi, A., Alfarag, A., Almutairi, A., & Alanzi, F. (2015). Patients’ Satisfaction with Primary Health Care Centers’ Services, Majmaah, Kingdom of Saudi of Saudi Arabia. International Journal of Health Sciences, 9(2), 163–170. Retrieved from http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/26309435

Mohebbifar, R., Hasanpoor, E., Mohseni, M., Sokhanvar, M., Khosravizadeh, O., & Mousavi Isfahani, H. (2013). Outpatient Waiting Time in Health Services and Teaching Hospitals: A Case Study in Iran. Global Journal of Health Science, 6(1). https://doi.org/10.5539/gjhs.v6n1p172

Nabbuye-Sekandi, J., Makumbi, F. E., Kasangaki, A., Kizza, I. B., Tugumisirize, J., Nshimye, E., … Peters, D. H. (2011). Patient satisfaction with services in outpatient clinics at Mulago hospital, Uganda. International Journal for Quality in Health Care, 23(5), 516–523. https://doi.org/10.1093/intqhc/mzr040

Nampewo, Z., Mike, J. H., & Wolff, J. (2022). Respecting, protecting and fulfilling the human right to health. International Journal for Equity in Health, 21(1), 36. https://doi.org/10.1186/s12939-022-01634-3

Nugraheni, R. (2017). Gambaran Waktu Tunggu Pasien dan Mutu Pelayanan Rawat Jalan di Poli Umum UPTD Puskesmas Pesantren 1 Kota Kediri Tahun 2017. Jurnal Wiyata Penelitian Sains Dan Kesehatan, 4(2).

Poon, Y.-S. R., Lin, Y. P., Griffiths, P., Yong, K. K., Seah, B., & Liaw, S. Y. (2022). A global overview of healthcare workers’ turnover intention amid COVID-19 pandemic: a systematic review with future directions. Human Resources for Health, 20(1), 70. https://doi.org/10.1186/s12960-022-00764-7

Portoghese, I., Galletta, M., Coppola, R. C., Finco, G., & Campagna, M. (2014). Burnout and Workload Among Health Care Workers: The Moderating Role of Job Control. Safety and Health at Work, 5(3), 152–157. https://doi.org/10.1016/j.shaw.2014.05.004

Sæther, S. M. M., Heggestad, T., Heimdal, J.-H., & Myrtveit, M. (2019). Long Waiting Times for Elective Hospital Care – Breaking the Vicious Circle by Abandoning Prioritisation. International Journal of Health Policy and Management, 9(3), 96–107. https://doi.org/10.15171/ijhpm.2019.84

Sahoo, D., & Ghosh, T. (2016). Healthscape role towards customer satisfaction in private healthcare. International Journal of Health Care Quality Assurance, 29(6), 600–613. https://doi.org/10.1108/IJHCQA-05-2015-0068

Satrianegara, M. F. (2014). Organisasi dan Manajemen Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Salemba Medika.

Vahdat, S., Hamzehgardeshi, L., Hessam, S., & Hamzehgardeshi, Z. (2014). Patient Involvement in Health Care Decision Making: A Review. Iranian Red Crescent Medical Journal, 16(1). https://doi.org/10.5812/ircmj.12454

WHO. (2018). Delivering quality health services: A global imperative for universal health coverage.

Wulandari, N. (2015). Hubungan Layanan Keperawatan dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap di RSUD Ungaran Kabupaten Semarang. Universitas Negeri Semarang.

Zarei, E., Daneshkohan, A., Pouragha, B., Marzban, S., & Arab, M. (2014). An Empirical Study of the Impact of Service Quality on Patient Satisfaction in Private Hospitals, Iran. Global Journal of Health Science, 7(1). https://doi.org/10.5539/gjhs.v7n1p1

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Banjarnahor, E. I. ., Ginting, C. N. ., Manalu, P., & Girsang, E. . (2023). Lama Waktu Tunggu Pelayanan Pasien: Studi Kualitatif di Puskesmas Padang Bulan. Ahmar Metastasis Health Journal, 3(1), 8–17. https://doi.org/10.53770/amhj.v3i1.182